Panduan Optimalisasi dalam Penggunaan Baterai Laptop

Teknologi manajemen daya pada Windows 7 menyediakan platform dan prosesor yang dapat  mengurangi konsumsi daya dan dapat meringankan sumber energi yang lebih rendah. Hal ini juga memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik dengan daya tahan baterai lebih lama dalam pemakaian tertentu.

Berikut ini beberapa Tips dan FAQ tentang cara menggunakan baterai laptop Anda dengan benar:

Apakah saya perlu  mengisi baterai dengan penuh sebelum melepasnya dari kontak listrik ?

Dalam baterai lithium ini sebenarnya mitos, hanya berlaku untuk baterai berbasis Niquel. Jadi sepenuhnya pemakaian dan pengisian baterai benar-benar tidak berguna dan bahkan berbahaya. baterai laptop berkinerja buruk dapat disebabkan oleh kerusakan atau usia baterai yang sudah tua.

Lithium Ion baterai memiliki siklus pengisian 300-600 kali atau 2-4 tahun digunakan untuk pengguna rata-rata.

Apakah saya harus keluarkan baterai bila A / C terpasang?

Banyak pengguna laptop yang memiliki pertanyaan ini dan kami akan menjawabnya sekarang: Jawabannya adalah: YA dan TIDAK, itu tergantung pada situasi.

Memiliki baterai yang terisi penuh dan terpasang di laptop tidak berbahaya, karena  setelah tingkat pengisian mencapai 100% baterai berhenti menerima pengisian energi dan energi ini langsung dilewatkan untuk sistem pasokan daya laptop.

Namun ada kelemahan dalam menjaga baterai dalam soket ketika laptop terpasang, tetapi hanya jika pemanasan yang berlebihan yang disebabkan oleh hardware laptop.

Pembuangan baterai penuh (sampai shutdown daya laptop, 0%) harus dihindari, karena ini dapat menyebabkan kerusakan. Dianjurkan untuk melakukan pemakaian parsial untuk tingkat kapasitas 20 ~ 30% (bukan melakukan pemakaian penuh diikuti oleh pengisian penuh).

Lithium Ion baterai laptop memiliki jumlah siklus pengisian yang terbatas (siklus = sepenuhnya habis dan kemudian terisi penuh) jadi jika debit baterai Anda masih penuh lalu anda melakukan pengisian maka Anda sudah mempersingkat masa pakai dari baterai tersebut.

  • Untuk menyimpan baterai dalam  jangka waktu yang lama, kapasitas muatan yang akan terjadi sekitar 40% disimpan. Satu yang harus diingat lagi bahwa musuh baterai terburuk adalah panas, sehingga meninggalkan laptop dalam suhu ruangan yang lumayan agak panas berarti anda sudah setengah jalan untuk merusak baterai anda.

BatteryCare  adalah sebuah freeware yang mengoptimalkan penggunaan dan kinerja baterai laptop. Aplikasi ini akan memonitor siklus discharge baterai dan membantu meningkatkan otonomi dan meningkatkan masa pakai baterai. Menyediakan informasi bagi anda seperti total kapasitas baterai, tegangan, suhu CPU, dan produsen, jika informasi tersebut tersedia. Program ini juga trek siklus debit baterai Anda.

batterycare - bedatipis.com

Selain itu, ketika menggunakan baterai, ada kemungkinan untuk menunda beberapa fitur Sistem Operasi yang membantu menurunkan otonomi (hanya pada Windows Vista atau yang lebih tinggi):

  •  Windows Aero, tema yang memungkinkan untuk efek visual seperti transparansi, membutuhkan kartu akselerasi grafis, yang jelas akan membantu mengurangi masa pakai baterai;
  • SuperFetch, ReadyBoost dan SearchIndexer tiga layanan dari Windows Vista (atau yang lebih tinggi), bahkan dalam mode baterai, menggunakan banyak hard disk dan meningkatkan konsumsi daya total, sehingga menurunkan umur hidup baterai. Menangguhkan layanan ini sama sekali tidak berdampak negatif pada kinerja atau keamanan sistem.

Fitur BatteryCare digunakan setelah laptop tersambung ke listrik A / C.

BatteryCare setting

untuk mendownload aplikasi BatteryCare silahkan klik link berikut :

 

 

bedatipis.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


2 − = 1

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>